Review Drama Crash Landing On You, Kisah Cinta Dua Negara yang Berkonflik

Posted By Ida See on Friday 28 February 2020 | 9:39 pm


Judul: Crash Landing on You
Genre: Komedi Romantis
Penulis: Park Ji-eun      
Sutradara: Lee Jeong-hyo
Stasiun: tvN
Episode: 16Tanggal Tayang: 14 Desember 2019 s/d 16 Februari 2020       

Pemeran Utama:
1. Son Ye-jin sebagai Yoon Se-ri
2. Hyun Bin sebagai Ri Jeong-hyuk
3. Kim Jung-hyun sebagai Go Seung-joon
4. Seo Ji-hye sebagai Seo Dan

Pemeran Pendukung:
Keluarga Yoon Se-ri
1. Nam Kyung-eup sebagai Yoon Jeung-pyeong, ayah Se-ri.
2. Bang Eun-jin sebagai Han Jeong-yeon, ibu tiri Se-ri.
3. Choi Dae-hoon sebagai Yoon Se-joon, kakak seayah Se-ri.
4. Hwang Woo-seul-hye sebagai Do Hye-ji, istri Se-joon.
5. Park Hyung-soo   sebagai Yoon Se-hyung, kakak seayah Se-ri.
6. Yoon Ji-min sebagai Go Sang-ah, istri Se-hyung.

Keluarga Ri Jeong-hyuk
1. Jun Gook-hwan sebagai Ri Choong-ryeol, ayah Jung-hyuk.
2. Jung Ae-ri sebagai Kim Yoon-hee, ibu Jung-hyuk.
3. Ha Seok-jin sebagai Ri Moo-hyuk, kakak Jung-hyuk

Tentara Militer Korea Utara
1. Oh Man-seok sebagai Jo Cheol-kang, anggota Satuan Keamanan Angkatan Bersenjata. 
2. Kim Young-min sebagai Jeong Man-bok
3. Yang Kyung-won sebagai Pyo Chi-soo, sersan jenderal tentara Korea Utara.
4. Yoo Su-bin sebagai Kim Joo-muk, prajurit menengah tentara Korea Utara.
5. Tang Jun-sang sebagai Geum Eun-dong, prajurit bawah tentara Korea Utara.
6. Lee Shin-young sebagai Park Kwang-beom, letnan satu tentara Korea Utara

Pemeran pendukung lainnya:
1. Go Kyu-pil sebagai Hong Chang-sik, manajer tim.
2. Lim Chul-soo sebagai Park Soo-chan, karyawan perusahaan asuransi.  
3. Kim Sun-young sebagai Na Wol-sook
4. Kim Jung-nan sebagai Ma Yeong-ae
5. Jang So-yeon sebagai Hyeon Myeong-soon
6. Cha Chung-hwa sebagai Yang Ok-geum

SINOPSIS
Drama ini menceritakan kisah cinta antara Yoon Se-ri dan Ri Jeong-hyuk yang terhalang karena perbedaan kewarganegaraan dimana Yoon Se-ri merupakan warga negara Korea Selatan dan Ri Jeong-hyuk berwarga negara Korea Utara, dimana hubungan Korea Selatan dan Korea Utara tidak baik.

Kisah ini dimulai ketika Yoon Se-ri yang adalah seorang pengusaha dan juga anak seorang Chaebol Korea Selatan melakukan paralayang dan mengalami kecelakaan karena angin kencang dan membawanya mendarat di Korea Utara.

Kecelakaan tersebut mempertemukan Yoon Se-ri dengan Ri Jeong-hyuk yang merupakan seorang komandan berpangkat Kapten yang menjaga perbatasan Korea Utara.

Konflik dimulai dengan perjuangan Ri Jeong-hyuk untuk memulangkan Yoon Se-ri  secara diam-diam ke Korea Selatan karena keberadaan Yoon Se-ri di  Korea Utara belum diketahui pihak militer Korea Utara, apalagi hubungan Korea Utara dan Korea Selatan selama ini cukup pelik.

Usaha untuk memulangkan Yoon Se-ri tentu saja tidak mudah dan beberapa kali mengalami kegagalan. Belum lagi ada upaya dari kakaknya, Yoon Se-hyung, yang bekerja sama dengan Jo Cheol-kang untuk menggagalkan rencana kepulangan Yoon Se-ri ke Korea Selatan semakin memperuncing konflik.

Konflik berikutnya adalah upaya RI Jeong-hyuk mencari dalang yang menyebabkan kematian kakaknya Ri Moo-hyuk.  Penyelidikan Ri Jeong-hyuk sejak lama ini akhirnya berbuntut kan dendam Jo Cheol-kang, anggota Satuan Keamanan Angkatan Bersenjata karena berhasil dihukum atas perbuatannya yang menerima suap dan menjadi dalang atas pembunuhan Ri Moo-hyuk dengan berusaha menghancurkan kehidupan Ri Jeong-hyuk dan keluarganya dengan cara membunuh Yoon Se-ri dan membuktikan kalau Ri Jeong-hyuk selama ini menyembunyikan Yoon Se-ri selama di Korea Utara

KERJA SAMA UNTUK KEDUA KALINYA
Ini untuk kedua kalinya Hyun Bin dan Son ye -jin bekerja sama dalam suatu proyek. Tahun 2018, keduanya pertama kali bekerja sama membintangi sebuah film yang berjudul Negotiation. Dan di drama Crash on Landing  On You tahun 2019,  untuk kedua kalinya mereka kembali bekerja sama. 

Tetapi di film Negotiation bisa dikatakan mereka belum sepenuhnya menjadi patner karena hanya di adegan terakhir mereka bertemu dalam satu frame. Film Negotiation juga merupakan film ber genre kriminal yang serius.

Dalam drama Crash Landing On You mereka bisa dikatakan full bekerja sama karena dari episode awal mereka sudah dipertemukan dalam satu frame.

BACKGROUND ALAM YANG INDAH
Salah satu yang menjadi kelebihan drama Korea adalah selalu menampilkan tempat-tempat wisata atau panorama alam yang indah. Demikian juga drama ini menampilkan panorama alam Swiss yang sangat indah dan mendukung setiap visual adegan drama ini menjadi lebih hidup dan apik.

MELIHAT GAMBARAN KEHIDUPAN NYATA KOREA UTARA
Banyak film atau drama yang mengangkat cerita tentang Korea Utara, tetapi di drama ini lebih lagi menyoroti kehidupan di Korea Utara secara real. 

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa kemajuan negara Korea Utara jauh tertinggal dbandingkan dengan Korea Selatan, bahkan menurut orang-orang yang pernah mengunjungi Korea Utara bahwa kehidupan di Korea Utara seperti masih hidup di tahun 70-an.

Dalam Crash Landing On You menggambarkan di Korea Utara sering terjadi pemadaman listrik, tidak ada koneksi internet yang bisa digunakan secara pribadi.

Mobil dan ponsel juga masih merupakan barang mahal yang hanya dimiliki segelintir orang-orang kaya seperti keluarga Seo Dan atau pejabat seperti keluarga kapten Ri Jeong-hyuk.

Disitu diperlihatkan bahwa masyarakat Korea Utara begitu menggemari produk-produk yang berasal dari Korea Selatan dan untuk memilikinya mereka harus sembunyi-sembunyi karena kalau ketahuan mereka akan diinterogasi.

Ada sebuah pasar dimana salah satu pedagangnya menjual produk-produk dari Korea Selatan seperti kosmetika, sabun, shampo, dsb.  Para ibu tetangga Di Jeong-hyuk gemar berbelanja disini.

Peralatan elektronik rumah tangga masih banyak manual dan peralatan rumah tangga seperti rice cooker, magic com buatan Korea tidak boleh digunakan jadi keluarga yang menggunakan peralatan elektronik buatan Korea harus menggunakannya secara sembunyi-sembunyi.

Kim Joo-muk, Salah seorang bawahan Ri Jeong-hyuk gemar sekali menonton drama Korea Selatan tetapi drama-drama yang bisa di tonton di Korea Utara adalah drama-drama lama seperti Stairway to Heaven.

KOMEDI  ALA KOREA UTARA
Dikarenakan perbedaan kemajuan antara Korea Utara dan Korea Selatan yang timpang dijadikan komedi yang begitu lucu. 

Ketika anak buah Ri Jeong-hyuk pertama kali berkunjung ke Korea Selatan, mereka begitu takjub dengan kemajuan Korea Selatan mulai dari banyak mobil yang lalu lalang di Jalan Raya Korea Selatan, cara berpakaian Korea Selatan yang keren dan trendy, berbeda sekali dengan gaya pakaian Korea Utara yang terlihat kuno dan kampungan.

Saya menggambarkan tingkah laku bawahan Ri Jeong-hyuk ini seperti orang udik yang pergi ke kota dan tentu saja setiap adegannya berhasil membuat saya tertawa terpingkal-pingkal.

Seperti adegan, Geum Eun-dong, yang belum pernah  melihat vending machine, terkaget-kaget melihat sebuah mesin bisa mengeluarkan minuman, oleh karena itu Pyo Chi-soo dan Kim Joo-muk, sepakat untuk menjahili Geum Eun-dong dengan mengatakan ada seorang pelayan yang berada di dalam mesin yang siap melayani setiap pembeli dengan menyiapkan minuman yang dipesan.

Mendengarkan jawaban tersebut Geum Eun-dong merasa sangat kasihan dengan pelayan yang harus bekerja di ruang sempit tersebut dan mengganggap bahwa pekerjaan di Korea Selatan sangat memprihatinkan.

Tingkah Geum Eun-dong yang polos ini tentu saja kembali mampu memecahkan tawa saya.

Masih banyak adegan lucu lainnya yang berhasil membuat saya tertawa. Komedi dalam drama ini mengalir dengan natural tanpa dipaksakan terkesan lucu tapi tingkah polos dan lugu dari para anak buah Ri Jeong-hyuk ini sudah mampu membuat tertawa.

KEINGINAN KUAT RAKYAT KOREA SELATAN DAN KOREA UTARA UNTUK BERSATU
Merupakan mimpi masyarakat Korea Selatan dan  Korea Utara untuk bisa bersatu, ini ditekankan dalam beberapa dialog yang berkali-kali muncul “jika nanti Korea bersatu'.

Walaupun secara kenyataan sejak negara ini berkonflik upaya penyatuan kembali kedua negara ini masih sangat jauh untuk diharapkan, tetapi masyarakat Korea terus berharap bahwa dikemudian hari Korea Selatan dan Korea Utara dapat bersatu kembali.

KISAH CINTA YANG BERAKHIR DENGAN HAPPY ENDING DAN SAD ENDING
Selain kisah cinta antara Ri Jeong-hyuk dan Son ye-jin, yang berakhir dengan happy ending, 
kisah cinta lainnya yang juga tak kalah menarik untuk diikuti adalah kisah cinta Go Seung-joon, Pria slengean tapi baik hati dan melakukan penipuan demi membalas dendam,  dengan Seo-dan, wanita berkarakter kaku, tegas, tidak banyak bicara, dan jutek. Sayang kisah mereka harus berakhir sedih dengan kematian Go Seung-joon ketika  menyelamatkan Seo-dan yang disandera.

Go Seung-joon bisa saja acuh dan memilih tetap pergi naik pesawat daripada pergi untuk menyelematkan Seo-dan. Tetapi sebagai pria yang baik dan gentleman, Ia memutuskan datang untuk menyelamatkan Seo dan, walaupun  harus ditebus dengan nyawanya sendiri.

Adegan heroik yang dilakukan oleh Go Seung-joon mampu membuat hati kaum hawa mengharu biru.

MENDAPATKAN RATING TINGGI SETIAP EPISODENYA
Drama ini ditulis oleh penulis Skenario veteran, Park Ji-eun yang telah banyak menulis drama-drama Korea terkenal seperti:  Legend of the Blue Sea (SBS, 2016), The Producers (KBS2, 2015), My Love from the Star (SBS, 2013–2014), My Husband Got a Family (KBS2, 2012), Queen of Reversals (MBC, 2010–2011), Queen of Housewives (MBC, 2009) dan disutradarai oleh Lee Jeong-hyo, yang banyak menyutradarai drama-drama terkenal seperti: Romance is a Bonus Book (tvN / 2019), Life on Mars (OCN / 2018), Criminal Minds (tvN / 2017), The Good Wife (tvN / 2016), My First Time (OnStyle / 2015), A Witch's Love (tvN / 2014), Heartless City (JTBC / 2013), In Need of Romance 2012 (tvN / 2012).

Drama ini juga dibintangi oleh Hyun bin, aktor veteran yang telah banyak membintangi drama-drama terkenal dan beberapa diantaranya adalah drama komedi romantis terkenal dan fenomenal seperti Secret Garden (SBS / 2011) dan My Name is Kim Sam Soon (MBC / 2005). Sehingga ketika Hyun bin harus bermain kembali di drama komedi romantis maka aktingnya terlihat semakin matang, berperan sebagai tentara yang agak kaku serius, polos, konsisten juga baik hati.

Son ye-jin juga merupakan artis veteran yang banyak membintangi drama-drama terkenal seperti: Summer Scent (KBS / 2003), Alone in Love (SBS / 2006), Spotlight  (MBC / 2008), Personal Taste (MBC / 2010). Son ye-jin lebih banyak bermain drama bergenre  Melodrama sehingga dia dijuluki ratu drama melo tetapi kepiawaianya berperan sebagai Yoon Se-ri patut diacungkan jempol karena Son ye-jin berhasil melebur dengan karakternya tersebut seolah  Son ye-jin adalah Yoon Se-ri, wanita tegas, cerdas, jutek tetapi mempunyai selera humor  untuk menutupi luka hati dan kesepian yang dialaminya.

Keseluruhan akting pemeran drama Crash Landing On You mulai dari pemeran utama sampai pemeran mendukung patut diacungkan jempol karena berhasil memperkokoh drama ini.

Ditambah lagi sinematografi yang indah, audio effect yang pas, soundtrack yang bagus ditambah dengan jalinan cerita yang mengalir dengan baik menempatkan drama ini sebagai drama yang layak untuk ditonton.

Wajar saja setiap episodenya meraih rating tinggi berdasarkan data Nielsen Korea, bahkan di episode terakhir berhasil meraih rating 21,6 persen, dan mampu mengalahkan  rekor tertinggi drama Goblin pada tahun 2017 dengan rating 20,5 persen.



Blog, Updated at: 9:39 pm

0 comments:

Post a Comment

SIGN UP PAYOONER

SIGN UP PAYOONER
Daftar Payoneer melalui link di atas, bisa mendapatkan bonus USD 35 untuk pengguna baru