Cara Perpanjang e Paspor Beserta Syaratnya

Posted By Ida See on Thursday 20 September 2018 | 3:33 pm


Kanim Jakut

Kanim Jakut
Paspor  masa berlakunya habis bulan November 2018, dan paspor saya masih berbentuk paspor biasa belum e paspor.  Saya ingin perpanjang paspor saya dengan mengubahnya menjadi e paspor, tapi ternyata di Palembang  pada tahun 2018,  masih belum bisa membuat e paspor jadi harus datang ke Jakarta untuk bisa mengurus e paspor.

Berhubung saya punya urusan ke Jakarta, saya pikir sekalian saja perpanjang e paspor. Beberapa hari sebelum keberangkatan ke Jakarta, saya mendaftar dulu di  Situs Imigrasi supaya mendapatkan nomor antrian mengurus paspor. Awalnya saya memilih Kanim Jakarta Selatan tapi tempat itu sudah penuh jadwal antriannya sampai akhir tahun dan saya pun akhirnya memilih Kanim Jakarta Utara.


Scan code antrian imigrasi

Sesampai nya di Kanim Jakut, saya menunjukkan jadwal antrian saya yang sudah saya screen shoot kepada petugas yang berada dekat pintu masuk kemudian petugas tersebut memberikan formulir untuk diisi dan kemudian saya mengambil nomor antrian.

Dari Palembang saya sudah membawa berkas-berkas yang sudah di fotokopi seperti: KTP, Ijasah, KK, akte lahir dan fotokopi paspor lama. Saya membawa dokumen lengkap untuk berjaga-jaga siapa tahu diminta, tapi ternyata kalau sudah punya paspor dan tinggal memperpanjang, dokumen yang dibutuhkan hanya 2 yaitu: fotokop KTP dan fotokopi Paspor lama. Fotokopi KTP dan paspor lama itu harus dalam bentuk kertas A4 tidak boleh di potong. Saya sudah mempersiapkan fotokopi KTP dan Paspor lama tapi  telah di potong sehingga saya harus memfotokopi ulang.

Ketika nomor antrian tiba saya menyerahkan berkas-berkas tersebut kepada tugas dan petugas pun tidak banyak bertanya dan kemudian saya menunggu untuk di foto. 

Setelah di foto saya diberikan kwitansi pembayaran dan biaya untuk membuat e paspor adalah Rp 655.000,' dan saya bisa bebas memilih bank tempat saya membayar biaya mengurus e paspor. Di depan Kanim Jakut ada mobil kantor pos yang bisa menerima pembayaran tunai biaya pengurusan paspor tapi karena saya tidak membawa uang tunai maka saya membayar nya melalui atm BRI yang kebetulan ada di dekat situ.

Kwitansi pembayaran dari imigrasi

Jadwal pengambilan paspor adalah 7 hari dihitung hari kerja. Pada hari kedelapan tepat nya hari Jumat, saya pergi ke Kanim Jakut untuk mengambil paspor, tapi ternyata paspor saya belum selesai karena ada kerusakan pada mesin cetak paspor. kesalahan saya tidak mengecek dulu apakah paspor saya sudah selesai atau belum melalui WA layanan Kanim Jakut.  Nomor WA layanan Kanim Jakut adalah: 082112004032

Gambar 3

Gambar 2

Gambar 1
Lokasi tempat saya tinggal di Jakarta cukup jauh dari Kanim Jakut, jadi saya merasa sedikit kesal karena datang sia-sia-sia dan juga hari Senin nanti, saya sudah harus pulang ke Palembang. Sementara pihak imigrasi tidak lagi memberikan jasa untuk pengiriman paspor. Tapi saya tetap bertanya kepada petugas apakah bisa paspor saya dibantu dikirim karena saya tinggal di Palembang. Petugas berkata di depan ada mobil kantor pos dan saya disuruh minta tolong dengan petugas pos saja. Saya pun mengikuti saran petugas imigrasi pergi ke mobil pos dan untung nya petugas pos nya tidak menolak. Saya menuliskan data saya  seperti nama, alamat pengiriman paspor, nomor pemohon dan tanda tangan, ini seperti surat kuasa untuk petugas pos sehingga boleh mengambil paspor saya. Biaya untuk pengiriman juga tidak begitu mahal hanya Rp 38.000 itu untuk jasa pos expres yang pengirimannya cepat sampai.



Hasil oengecekan status penriman paspor saya dari nomor resi yang diberikan

Paspor saya pun sudah selesai dan dikirim oleh petugas pos dan sudah saya terima dengan keadaan paspor bagus.


Blog, Updated at: 3:33 pm

0 comments:

Post a Comment

SIGN UP PAYOONER

SIGN UP PAYOONER
Daftar Payoneer melalui link di atas, bisa mendapatkan bonus USD 35 untuk pengguna baru