Cara Mudah Kirim Pesan WhatsApp Dengan Suara Tanpa Perlu Mengetik

Posted By Ida See on Tuesday 11 August 2020 | 11:07 pm



Kali ini saya akan membagikan video tutorial penggunaan  Google Assistant untuk melihat pesan whatsapp terbaru dan juga untuk mengirim pesan whatsapp hanya dengan suara tanpa perlu mengetik. Google Assistant adalah Asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Google dan biasanya tersedia di perangkat seluler

Asisten Google mempunyai banyak fungsi salah satu fungsinya adalah untuk melihat pesan whatsapp terbaru dan juga mengirimkan pesan whatsapp hanya dengan suara tanpa mengetik.

Langkah-langkah yang harus  dilakukan adalah:

1. Mengaktifkan Asisten Google

2. Mengizinkan suara Anda membuka Asisten Google

3. Membiarkan Asisten Google membuka kunci ponsel  atau tablet Anda

Kemudian setelah Asisten Google telah aktif dan bisa digunakan, maka untuk menulis pesan Whatsapp dengan suara tanpa perlu mengetik ada 2 cara, yaitu:

CARA PERTAMA MELALUI ASISTEN GOOGLE:

1. Di layar utama ponsel atau tablet Android, ucapkan "Ok Google” atau ketuk gambar perekam suara di sebelah kiri menu Google. Setelah itu akan tampil menu Asisten Google yang bertuliskan “Hai ada yang bisa saya bantu”



2. Jika ada pesan Whatsapp baru dan belum sempat dibuka maka bisa ucapkan “lihat pesan whatsapp terbaru” maka akan muncul asisten Google yang berkata:  “satu pesan baru'. (Jika hanya ada satu pesan baru)  dibawahnya terlihat pesan whatsapp terbaru dan asisten Google akan menanyakan “Apakah Anda mau  mendengarkan pesannya?” 


Kita jawab: “Ia.”  Maka asisten Google akan membacakan pesan tersebut dan setelah membacakan pesan tersebut asisten Google akan menanyakan: “Apakah Anda mau  balas pesannya?” Jika kita mau membalas pesannya maka bisa jawab: “Ia.” 



Maka asisten Google akan bertanya: “oke, apa isi pesannya?”  maka kita bisa mengucapkan isi pesan tersebut yang otomatis terketik dan jika selesai kembali asisten Google bertanya: “Anda mau mengirim atau mengubahnya?” Jika isi pesan tersebut kurang lengkap atau ada yang salah maka kita bisa jawab: “mengubah pesan.” 


Maka pesan yang kita ucapkan sebelumnya terhapus dah kembali asisten Google menanyakan isi pesan tersebut dan kita bisa kembali mengucapkan pesan yang otomatis terketik. Jika selesai maka asisten Google kembali menanyakan: “apakah kita mau mengubah pesan atau mengirimnya?” maka kita bisa ucapkan: ”Kirim.’ Maka asisten Google berkata: “oke, pesan terkirim.”  Maka pesan kita langsung otomatis terkirim ke orang tersebut.

4. Jika kita tidak mempunyai pesan baru, dan langsung ingin mengirim pesan whatsapp kepada seseorang maka kita bisa ucapkan:  ‘kirim pesan WA.” Tapi itu diucapkan setelah mengucapkan “Ok Google”  untuk mengaktifkan Asisten Google. Kemudian Asisten Google akan bertanya:”  kepada siapa Anda akan mengirimkn pesan?”


Kita bisa sebutkan nama kontak yang ingin kita kirimkan pesan,   misal “Joy See.” 

Maka asisten Google akan bertanya: “apa isi pesannya?”  maka kita bisa mengucapkan isi pesan tersebut yang otomatis terketik dan jika selesai kembali asisten Google bertanya: “Anda mau kirim atau ubah pesan itu?” Jika isi pesan tersebut kurang lengkap atau ada yang salah maka kita bisa jawab: “ubah pesan.” Maka pesan yang kita ucapkan sebelumnya terhapus dah kembali asisten Google menanyakan: ”apa si pesannya?” dan kita bisa kembali mengucapkan pesan yang otomatis terketik. Jika selesai maka asisten Google kembali menanyakan, apakah kita mau mengubah pesan atau mengirimnya maka kita bisa ucapkan: ”Kirim.’ Maka asisten Google berkata: “mengirm, pesan.”  Maka pesan kita langsung otomatis terkirim ke orang tersebut. Dan muncul menu dengan tulisan “oke.” Dan dibawahnya ada centang hijau besar dengan tulisan disampingnya mengirim pesan.. dan dibawahnya

Ada nama kontak yang kita kirimkan pesan

Dan dibawahnya lagi isi pesan kita.

CARA PERTAMA MELALUI APLIKASI WHATSAPP LANGSUNG:

1. Buka WhatsApp dan pilih Kontak yang kita ingin kita kirimkan pesan


2. Tap lama menu ketik pesan sampai muncul keyboard.  Deisebelah atas menu keyboard yang bergambar Speaker (saya lingkari dengan warna merah)




3 . Kita mulai dapat mengucapkan pesan kita dan secara otomatis suara kita langsung terketik dan isinya sesuai dengan yang kita ucapkan, dan jika kita ingin menjeda pesan kita maka kita dapat ketuk gambar speaker warna hijau yang menyala maka pesan terjeda dan jika ingin melanjutkan ketuk ’ kembali’ gambar speaker tanpa warna yang menunjukkan sedang tidak menyala.




4. Jika kita ada salah berbicara dan ingin menghapusnya maka kita dapat ketuk tanda silang disamping gambar Speaker warna hijau.

5. Jika kita sudah selesai mengucapkan pesan yang akan dikirim ketuk tanda silang yang ada diatas ( saya lingkari warna merah)


6. Lalu tombol keyboard menghilang dan kita bisa mengirim pesan seperti biasa dengan mengetuk tanda panah warna hijau yang ada disebelah kanan maka pesan kita langsung terkirim.

Du bawaj ini .rrupaka  link video tutori youtube yang dapat semakin mempermudah Anda memahami langkah_langkahnya.


Demikianlah cara mudah membaca pesan whatsapp terbaru dan mengirim pesan whatsapp dengan suara tanpa harus mengetik.  Semoga dapat bermanfaat.



Blog, Updated at: 11:07 pm

0 comments:

Post a Comment

SIGN UP PAYOONER

SIGN UP PAYOONER
Daftar Payoneer melalui link di atas, bisa mendapatkan bonus USD 35 untuk pengguna baru