Alasan Kenapa Drama Korea Tak Lekang Oleh Waktu

Posted By Ida See on Monday 23 December 2019 | 10:54 am




All About Eve


Autum leaves. All about Eve,  Winter Sonata, Bright Girl's Success termasuk generasi pertama drama Korea yang mulai mendunia. Saya mengenal drama Korea awalnya menonton drama-drama tersebut di TV dan sejak itu saya menjadi pecinta drama Korea sampai dengan sekarang.

Full House,  Stairway To Heaven, All In, In Sorry, I Love You, Thank You dan masih drama lainnya yang saya ikuti.

Oleh karenanya saya bisa mengamati dan nengambil kesimpulan kalau drama tahun 2000 - 2010 mempunyai sense tersendiri dan beda sensenya dengan drama tahun 2011 ke atas

Ada masanya saya juga bosan menonton drama Korea karena merasa tema drama korea berkutat seputar percintaan, pria yang baik hati, gentlement yang tidak ada di dunia nyata. Tentang kisah cinta orang kaya dengan orang  miskin, rasanya saya bosan dengan tema-tema seperti itu.

Saya tidak menampik bahwa saya juga suka tema seperti itu asal dikemas dengan cara yang baru dan berbeda dari drama-drama sebelumnya.  Saya akhirnya sempat malas menenonton drama Korea yang hanya mengedepankan kisah percintaan sebagai tema. Sayapun mulai beralih menonton drama Korea ber genre Criminal, Thriller seperti Tunnel, Signal, Voice, Secret Forest dan masih banyak lagi drama dengan genre ini yang bagus dan keren.  Saya pun menyenangi drama Korea bergenre medis atau dokter, seperti: Good Doctor, Medical Top Team, Romantic Doctor Teacher Kim 1, Doctor Jhon dan masih banyak drama genre  medis lainnya yang bagus.

Apa yang menyebabkan drama Korea seperti tak lekang oleh waktu. Berikut pendapat saya mengenai hal itu:

1.  Penulis yang piawai dalam menulis dengan bahasa yang indah, menyentuh, dan dapat dipahami, disertai dengan alur dan plot yang mengalir dengan indah dan jelas. Dialog-dialog drama Korea yang menyentuhpun sering dipakai menjadi kutipan.

2. Sutradara yang mampu menginteprestasi tulisan dalam bahasa sinematografi yang indah dan jelas.

3. Musik soundtrack yang bagus dan pas sebagai pendukung setiap adegan dalam drama. Dengan soundtrack yang bagus membuat setiap adegan mampu menguras emosi penonton mulai dari merasa sedih, haru, ataupun gembira.

4. Kepiawaian akting para pemain drama dalam memerankan karakter tokoh dalam drama tersebut dan melebur menjadi tokoh tersebut, sehingga penonton terhanyut menyaksikan akting mereka seolah tokoh-tokoh yang diperankan itu nyata.

5. Syuting di Tempat-Tempat Indah
Lokasi syuting dalam drama koreapun akhirnya menjadi terkenal dan menjadi lokasi wisata seperti Nami Island yang muncul dalam drama Korea Winter Sonata.

6. Mengangkat cerita tentang keluarga beserta nilai-nilainya, budaya Korea persahabatan dan hubungan antar manusia, dan juga mengangkat setiap jenis pekerjaan menjadi pekerjaan yang dinamis dan menarik sehingga menimbulkan minat para penonton untuk berkarir seperti yang ada dalam drama.

Dulu gara-gara nonton All About Eve saya sempat berkeinginan jadi pembaca berita, nonton Hotelier sempat berkeinginan menjadi pegawai hotel.

Itulah beberapa alasan kenapa drama Korea tak lekang oleh waktu, dan alasan kalian apakah sama seperti alasan diatas?



Blog, Updated at: 10:54 am

0 comments:

Post a Comment

SIGN UP PAYOONER

SIGN UP PAYOONER
Daftar Payoneer melalui link di atas, bisa mendapatkan bonus USD 35 untuk pengguna baru